buat yang masih jomblo..klik link ini

Join FriendFinder - Find Your Special Someone!

12.20.2008

A journey to Japan…..

Gimana sih caranya????

Mau tau….

Ini tuh kisah perjalanan gue mengikuti serangkaian tes yang diadakan oleh Depnakertrans Indonesia yang bekerjasama dengan IMM Jepang. IMM adalah koordinator perusahaan kecil dan menengah yang ada di Jepang.

Sebenarnya magang ke Jepang sudah berlangsung lama dan biasanya diadakan di tiap2 propinsi yang ada di Indonesia. Nah kali ini diadakan nasional jadi seluruh warga di Indonesia bisa mendaftar tanpa ada perbedaan area propinsi masing masing.

Diadakan di PRJ hall Jakarta dengan membayar tiket Rp10.000 sudah bisa menikmati pekan kebudayaan yang diselenggarakan oleh Jepang. Yang merupakan kerjasama Bilateral antar Indonesia dengan Jepang…Oppps Daftar nya dimana???

Daftar saat itu dilaksankan di stand Depnakertrans.gak pake bayar Cuma ada beberapa persyaratannya….yaitu:

1.pria

2.usia 20-27 tahun

3.warga negara indonesia

4. lulusan sma sederajat/smk atau d3

5.tinggi berat minimal:160cm-50 kg

gak terlalu rumit kan syaratnya.klo sudah memenuhi persyaratan diatas trus isi form yang diberikan oleh Depnakertrans trus nanti di kasih kartu peserta yang harus dibawa saat tes.

Tes nya itu tanggal 14-15 november silam.

Adapun rangkaian tes nya adalah:

1.Tes kesemaptaan tubuh.

Perlu diperhatikan bahwa dalam tes ini kita gak boleh ada cacat tubuh seperti pincang, terus tidak ada tato dan juga tindik.Tes nya itu kita nanti di cek tinggi berat tubuh kita terus nanti kita akan di buka baju dan celana kita yang tinggal hanya underwear saja untuk melihat ada tidaknya tato atau tindik.setelah itu nati akan di tes untuk push up sebanyak 25 kali dan sit up 20 kali.musti bisa kalo gak langsung gagal karena kebanyakan gak ada yang kuat push up.

Dihari itu juga klu lulus langsung tes berhitung sederhana.gampang koq Cuma 10 soal matematika dasar dengan syarat minimal 7 harus benar.nah klu betulnya Cuma 6 ya langsung aja pulang hehehe.

2.Klo itu lulus besoknya lu bakalan tes lagi tesnya adalah tes Wawancara

harus disiapin deh tuh bahan-bahannya.oh ya kan kita nanti dikasih brosur dari depnakertrans dibaca deh tuh and di hafalin.saat tes kita nanti masuk tiap grup 4 orang dengan menuju pos pewawancara yang telah siap bertanya.biasanya mereka berdua dan pertanyaan klasik yang ditanya adalah tujuan kamu mengikuti program ini.jadi menjawab haruslah sesuai etika berwawancara.klu gak tau gimana etikanya bisa dicari di internet kan banyak tuh tips2 wawancara.cari aja di paman google .

Setelah itu minggu depan tes lagi yaitu tes administrasi dan psikotes.

Pusing2 deh tuh...kelengkapan administrasi yang asli harus dibawa saat tes dilaksanakan.adapun administrasi yang dimaksud yaitu:

1.ijazah asli mulai dari SD-SMP-SMA/SMK

2.daftar nilai klo dibelakang ijazah gak ada nilainya

3.ktp domisili

4.kartu kuning dari depnakertrans (AK1)

5.SKCK dari polres domisili

6.kartu keluarga

7.klu punya pengalaman dilampirin aja tu pengalaman kerjanya

yang jelas semuanya jangan sampai ada yang lupa dan harus masih berlaku klu nggak bakalan gugur.

Selama mengikuti tes psikotes lamanya adalah kurang lebih 3-4 jam.jadi pusing2 deh tuh.

Tes nya itu standar mengikuti ujian pns dan ada juga tentang pernyataan sikap.jadi klu yang gak serius dalam bekerja bisa ketahuan disitu.

Tinggal nunggu pengumuman deh...klu itu semua dirasa fine2 aja yah udeh tinggal duduk mansi sambil minum teh trus buka hasilnya di website : www.pemagangan.com

Klo itu lulus ,kita ketahap selajutnya.

3.Tes medical chek up.

Selamat yah bagi yang udah lulus, tapi jangan terlalu senang dulu karena ini baru setengah dari perjalannya.

Oh ya jangan percaya calo yah soalnya dari tes 1 sampi tes 2 itu GRATIS ga ada yang harus dibayar. Klo ada sampe yang kna aduh....kasian banget deh.

Nah sekarang baru bayar. Siapin duit 950 rb buat bayar medical cek up dan itu langsung dibayar di klinik yang telah ditunjuk oleh Depnakertrans. Jadi memang gak ada sistem sogok atau KKN .

Disini perjalanannya panjang banget.mulai dari tes darah terus abis itu tes urine dan feses (kotoran kita) abis itu nanti di cek matanya apakah rabun atau tidak. Abis itu tes ambeien dan ronsen jantung.setelah itu tes EKG dimana nanti tubuh kita dipenuhi kabel yang etrhubung dengan printer yang akan mencetak detak jantung dan nadi tubuh kita.abis itu cek buta warna.dan yang terakhir tes pendengaran. Nati kita akan masuk ke sebuah bilik dan kita di tes apakah kita mendengar suara atau tidak.

Nah sampai disini dulu kalau udah dinyatakan lulus nanti akan ada pelatihan bahasa dan juga pelatihan pra keberangkatan.abis itu Jepang here i come ooppps bahasa Jepang nya apa yah...heheehe belajar dulu dong nih.

Jangan lupa comment nya yap...

Cha yo

1 comment: